Fakta Kartu Remi

Fakta Kartu Remi – Kartu remi adalah alat permainan umum yang langsung terpikirkan ketika kamu sedang berkumpul bersama teman atau keluargamu. Banyak yang bisa kamu mainkan dari kartu remi.

Kartu remi sendiri adalah sekumpulan kartu yang memiliki ukuran seukuran tangan ang digunakan untuk permainan kartu. Kartu ini sering juga digunakan untuk hal-hal lain, seperti sulap, enkripsi, dan masih banyak lagi. Kata “remi” itu sendiri sebenarnya adalah nama salah satu permainan kartu.


Ada 1001 macam permainan kartu. Setiap negara, bahkan wilayah suatu negara, memiliki jenis permainannya sendiri. Di Indonesia, akrab dengan istilah permainan cangkulan, remi, poker, dan sebagainya. Namun, yang populer di banyak negara misalnya poker, canasta, blackjack, casino, solitaire, bridge, dengan jumlah pemain yang bisa berbeda-beda.

Namun gak banyak orang yang tahu soal sejarah di balik terciptanya kartu remi. Kartu remi sudah dikenal di seluruh dunia sebagai permainan kebersamaan. Dilansir dari wopc.co.uk, berikut adalah fakta dan sejarah di balik terciptanya kartu remi yang perlu kamu tahu!

Fakta dan Sejarah Terciptanya Kartu Remi

1. Kartu Remi Awalnya Ditemukan di Tiongkok

Kapan dan siapa penemu kartu remi tidak diketahui secara pasti. Diduga embrionya berasal dari daratan Cina atau Hindustan (India) sekitar tahun 800an. Bagaimana ceritanya sampai bisa masuk ke daratan Eropa pun agak samar-samar.

Mungkin dibawa oleh para pedagang, tentara, atau suku yang nomaden. Yang jelas, jenis permainan kartu ini – entah datang dari Timur, Mesir, atau Arab. Namun muncul di Italia diperkirakan pada akhir tahun 1200-an. Setelah itu menyebar ke Jerman, Perancis, dan Spanyol.

Asal muasal kartu remi sempat menjadi perdebatan hebat di era modern, karena yang tercatat dalam sejarah adalah orang-orang Eropa lah yang pertama kali memperkenalkannya.

Namun ada catatan sejarah yang menunjukkan bahwa orang Eropa menemukannya di tengah perjalanan, sementara kartu remi membutuhkan proses pencetakan. Pencetakan di atas media kertas/kain saat itu hanya bisa dilakukan di Tiongkok atau Korea, jauh sebelum bisa dilakukan oleh orang Eropa.

2. Asal Muasal 4 Bentuk Simbol di Kartu Remi: Hati, Wajik, Sekop, Keriting

Tipe 4 bentuk pertama kali dikenal di timur tengah. Macam 4 bentuk tersebut antara lain adalah koin, cangkir, pedang dan tongkat. Bentuk tersebut akhirnya berevolusi seiring waktu: koin menjadi wajik, cangkir yang menggambarkan “cinta” menjadi hati, pedang menjadi sekop dan tongkat menjadi keriting.

3. Wajah Pada kartu King, Queen dan Jack Berasal Dari Perkembangan Kartu Remi di Perancis

Wajah dalam dek Perancis tersebut diberi nama dan dibuat menyerupai sosok-sosok historis. Raja hati adalah Charlemagne, raja wajik adalah Julius Caesar, raja keriting adalah Alexander the Great dan raja sekop adalah Raja David dari kitab Injil. Kartu remi menjadi alat permainan paling populer di Perancis.

4. Kartu Remi Memiliki Banyak Fungsi

Karena melibatkan wajah dan angka dalam desain kartunya, kartu remi mulai digunakan sebagai alat meramal. Selain itu, sejak zaman kuno, permainan membentuk gedung dari kartu remi sangat populer.

Tahun 1992, untuk pertama kalinya seseorang tercatat dalam rekor dunia sebagai pembangun gedung kartu tertinggi. Di Eropa zaman dahulu, kartu remi digunakan sebagai salah satu produk penyumbang pajak terbesar karena saking populernya.

Itulah sejarah tentang terciptanya kartu remi yang sudah kami ringkas namun tetap dijabarkan secara jelas supaya pembaca tidak merasa bosan namun tetap mendapatkan informasi secara detail. Semoga informasi yang kami berikan ini dapat menambah wawasan anda sekalian, ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *